Selasa, 18 Juni 2013

Permainan Anak di PRJ Lebih Mahal Dari Dufan


Bila ingin membeli peralatan elektronik hingga kendaraan bermotor anda bisa datang ke Pekan Raya Jakarta (PRJ), JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, karena harganya tidaklah jauh beda dengan harga-harga di luar pameran.

Namun jika ingin mengajak anak-anak anda menikmati permainan di lokasi tersebut, maka siap-siaplah merogoh kantong tidak kurang dari Rp 200.000,- untuk sekali permainan dari 10 wahana yang tersedia.

Pengamatan di lapangan, memang terdapat berbagai wahana permainan anak, dari yang sekedar bermain sambil santai, sampai uji nyali di rumah hantu atau uji adrenalin terbang di atas danau.

Sayangnya, harga tiket masuk sebesar Rp 25.000,- per orang pada hari biasa dan Rp 30.000,- per orang pada weekend, tidak termasuk harga tiket untuk menikmati puluhan wahana permainan tersebut.

Pengunjung harus merogoh koceknya sebesar Rp 20.000,- per satu kali permainan untuk satu wahana permainan. Harga itu pun hanya untuk hari-hari biasa. Untuk hari libur, mulai Jumat hingga Minggu, harga tiket permainan juga naik menjadi Rp 30.000,- per sekali permainan untuk satu wahana.

Maka tidak heran, para orangtua yang membawa anaknya, sengaja menghindar area wahana permainan yang terletak di sisi utara Hall E, lalu di sayar timur Gedung Pusat Niaga dan di sekitar Danau Gambir Arena PRJ Kemayoran, Jakarta Pusat.

Otomotis, seluruh wahana permainan di tiga lokasi tersebut tampak sepi. Hanya sesekali saja anak-anak yang terlihat menikmat beberapa permainan yang ada di arena PRJ Kemayoran.

Salah satu pengunjung bernama Andi (38), membawa anaknya berumur tujuh tahun. Ketika melihat wahana permainan bom-bom car, anaknya merengek-rengek minta bermain. Terpaksa Andi menuruti keinginan anaknya, lalu membayar Rp 20.000,- untuk sekali permainan.

"Waduh, saya sudah habis Rp 100.000,- hanya untuk lima permainan. Itu pun hanya satu kali main. Mendingan ke Dufan saja deh kalau mau main. Paling hanya bayar Rp 180.000,- tapi anak saya sudah puas bermain apa saja sampai beberapa kali pun. Harga wahana permainan disini lebih mahal dari Dufan", kata Andi, Senin (17/6).

Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann mengatakan di sisi utara Hall-E terdapat beberapa arena permainan seperti bom-bom car, battery car, merry go round atau komidi putar, tik-tak whell, kano river, dan rumah hantu anak. Juga ada permainan kora-kora dan kincir angin.

"Yang paling menarik, tentu saja wahana rumah hantu yang terletak di sisi utara Hall-E. Di sini Anda dan putra putri akan diajak berkelana uji nyali ke kerajaan hantu misterius. Para pengunjung akan melihat rupa rupa karakter hantu, mulai dari kuntilanak, sundel bolong, pocong, nenek gayung, gendurowo dan aneka macam karakter hantu", ujarnya.

Di sayap timur GPN terdapat wahana Warner Bross Lantern, atau pertunjukan patung lentera aneka karakter film kartun dan karakter para jagoan dunia yang sedang digemari anak-anak. Lokasi wahana ini persis di dekat Pintu Masuk 2 disamping GPN.

"Pengunjung dapat berfoto dengan aneka karakter jagoan di festival lentera ini. Ada Batman, Robin, Superman dan lain lain. Selama Jakarta Fair ini juga akan ada atraksi naik egrang elektrik dengan memakai pakaian robot megatron", katanya.

Mengenai harga tiket masuk wahana permainan, Ralph mengatakan semuanya itu diserahkan kepada para pemilik wahana. Karena mereka hanya menyediakan tempat bagi penyelenggara wahana permainan.

sumber : beritasatu.com