Sabtu, 20 April 2013

Pondok Angkasa Ibu Haji Ciganea di Kemayoran


Seorang rekan acungkan jempol saat merasakan lezatnya Pepes Kembung yang tersaji di Pondok Angkasa Ciganea, Kemayoran, siang itu.

Terlebih kami yang datang makan siang berlima disana lantas menam- bah menu Gurame Saos Mangga serta Ayam  Kremes yang gurih.

Restoran yang dibuka 5 tahun silam itu memang telah cukup familiar bagi para penggemar kuliner di kawasan Kemayoran dan sekitarnya.

Pengunjung yang datang terdiri dari beragam kalangan. Saat makan siang umumnya adalah para karyawan, sedangkan pada waktu makan malam, rata-rata datang bersama keluarga. Adapun mereka yang datang pada waktu makan malam tampaknya sengaja ingin menikmati suasana yang sunyi dan hening.

Maklum, Restoran Ciganea suasanya terbilang tenang, seperti berada dalam suatu taman, dan jauh dari kebisingan. Adapun letak Restoran (yang dinamakan pula Pondok Angkasa) Ciganea berlokasi tidak jauh dari eks bandara Kemayoran, persisnya di Jalan Angkasa Raya No. 32, Blok A/13 Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menu andalan Restoran Ciganea sebagian besar adalah masakan Sunda dengan bumbu tradisional, yang ramuannya sengaja dirahasiakan. "Saya tidak berani membuka resepnya. Hanya saja kami memakai bahan organik, karena bahan organik sangat menyehatkan. Sesungguhnya di Restoran ini, yang khas selain berbagai resep Gurame adalah Tauge Ikan Asin", ujar seorang juru masak  yang enggan disebut namanya.

Pemilik Restoran Ciganea, yakni FX Judy, membenarnya tentang bahan pilihan yang serba segar untuk disajikan pada pelanggan. "Bagaimanapun kami ingin memanjakan tamu yang datang untuk makan murah dan sehat. Soal rasa jelas kami jaga dan resepnya memang turun temurun, yang membuat rasanya tetap sedap dari waktu ke waktu dan Ikan guramenya renyah serta lembut", ungkapnya. Kendati demikian, ia masih enggan membeberkan bumbu yang dipakai untuk memasak Gurame Sambal Pecak.

Makanan murahdan sehat adalah jargon yang dipakai Resroran Ciganea dalam menarik tamu supaya datang.  Kenyataan demikian. Harga Pepes Kembung dan Pepes Peda  hanya Rp 10.000. Sedangkan sepotong Ikan Gurame (berbagai  jenis menu) dengan porsi besar  rata-rata 70- 90 ribu rupiah. Satu porsi  Ikan Gurame cukup untuk tiga-empat orang.

Selain masakan Sunda, Restoran Ciganea menyelipkan menu Iga Sapi. Menu Iga Sapi ini juga punya rasa  khas, daging sapinya pilihan yang seratnya lembut dan bumbu nya menyengat tapi tidak terlalu pedas. Sungguh gurih merasakan menu Iga Sapi, begitupun tatkala Anda menyicipi Ayam Bakarnya, harga dibandrol Rp 45.000 untuk setengah ekor ayam, yang sistem pembakarannya sangat matang alias kering. Maka daging ayamnya menjadi empuk.

Kiranya tidak berlebihan makan siang atau makan malam di Restoran Ciganea yang bagaimanapun merupakan pilihan tepat. Jika makan malam bersama keluarga, jelas bakal merasakan suasana yang teduh dan saat malam dengan suasana romantis. Restoran Ciganea bisa dijadikan rujukan untuk makanan murah dan sehat.  Tidak dipungkiri makanan yang sehat  sepertinya sudah menjadi trend saat ini.

Sehat itu sebetulnya murah, apabila kita bisa menyiasati. Tepatlah jika Anda bertandang dan bersantap dengan menu pilihan olahan Restoran Ciganea dengan bumbu tradisional yang rahasia, serta diwariskan secara turun temurun oleh Ibu Ciganea. Dalam hal makanan sehat,  kita memang dituntut  untuk makan yang bergizi, makan menu Brokoli Jamur atau sayuran yang mengandung zat besi, kalsium dan magnesium tinggi, sehingga semua itu sangat baik  bagi tubuh.

Makanan murah dan sehat tampaknya merupakan ikon Restoran Ciganea. Dengan menjalankan gaya hidup sehat, otomatis kesehatanpun akan lebih mudah diraih. Sekali lagi, bukalah suatu hal yang berlebihan bila mencari kuliner sehat dan murah, tentu adanya di Restoran Ciganea alias di Pondok Angkasa Ciganea, Silahkan Anda bersantap siang atau makan malam ke restoran tersebut, harga terjangkau, rasa memukau, penuh gizi, dan kelezatan yang tiada tara.

Syamsudin Noer Moenadi, Pemerhati Kuliner
www.channelsatu.com