Selasa, 31 Juli 2012

Pempek Unyil Jalan Garuda Kemayoran


Namanya terbilang lucu dan unik yaitu "Pempek Unyil" yang berlokasi di Jl. Garuda, Kemayoran. Kendati tempatnya tidak terlalu besar, namun cukup nyaman dan ber-AC.

Warung tersebut buka hingga tengah malam setiap harinya. Pelayanannya lumayan gesit sehingga para pengunjung tidak perlu menunggu berlama-lama menikmati pesanan.

Senin, 30 Juli 2012

Budi Karmanto, Pelukis dari Sumur Batu


Pelukis Budi Karmanto
Anak ke 2 dari 8 bersaudara ini dilahirkan di Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 21 April 1964. Ayahnya Rasman, penjual es keliling dan ibunya, Darsiti, penjual kerupuk. Awalnya bercita-cita jadi tentara, akhirnya gagal karena alasan birokrasi. Bakat melukisnya sudah tampak sejak kecil dan didapat secara otodidak. Semasa sekolah, untuk urusan melukis tak ada yang menandingi.

Setamat SMA, masuk sanggar GPRS (Gelanggang Remaja Planet Senen), dibimbing oleh pelukis Budie AZ. Di tempat ini, ia mengenal lebih mendalam dunia seni lukis dari para pelukis yang bergiat di sana. Bakat alamnya kian tertempa dan berhasil menggeser nasib dirinya dari penjual koran di Rumah Sakit Islam Jakarta Pusat hingga menjadi pelukis yang cukup dikenal oleh komunitas seni rupa di Jakarta.

Kamis, 19 Juli 2012

Pengusaha Onderdil Dijambret, Rp 52 Juta Melayang


Seorang pengusaha oderdil mobil, menjadi korban penjambretan di depan Pintu VIII Pekan Raya Jakarta (PRJ) Jalan Benyamin Sueb, Senin (16/7). Tas berisi uang Rp 52 juta dan HP BlackBerry melayang.

Peristiwa perampasan tersebut, berawal saat Patresya (29), baru saja turun dari ojek motor yang di tumpangi dan hendak membayar ongkos. Tiba-tiba dua orang ber- boncengan motor, menyambar tas miliknya.

Tas tersebut berisi uang dan HP yang di larikan para pelaku ke arah Pademangan, Jakarta Utara. Dari Humas Polda Metro Jaya di dapat keterangan, korban melapor ke Polsek Kemayoran.

Kamis, 12 Juli 2012

Asal Mula Kampung Kemayoran


Pada mulanya penduduk Kampung Kemayoran adalah orang Betawi. Ke- datangan Belanda ke tanah 'Batavia' sebagai bangsa penjajah, banyak membutuhkan tenaga dari luar untuk di pekerjakan dalam pembangunan jalan, parit-parit, dlsb. Serta pula un- tuk di jadikan milisi (wajib militer) dalam menghadapi Sultan Hasanudin dari Banten dan Sultan Agung dari Mataram.

Kamis, 05 Juli 2012

Kemayoran, Kampung Tua Para Mayor Di Era Belanda


Jakarta (Batavia) merupakan salah satu kota tua di Indonesia yang memiliki banyak kampung tua.

Nama dari kampung-kampung tua itu kebanyakan memiliki asal muasal dan sebab musabab, salah satunya adalah Kemayoran.

Selasa, 03 Juli 2012

Kue Serabi Murah di Surabi Cimut Kemayoran


Satu lagi kuliner enak dan murah di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Namanya warung 'Surabi Cimut' yang berlokasi tidak jauh dari Masjid Akbar Kemayoran.

Cukup 'bermodalkan' Rp 50.000, maka kita dapat menikmati penganan asli Indonesia ini. Dan sekedar di ketahui bahwa disini terdapat menu serabi dengan rasa bervariatif.