Kamis, 11 Juli 2013

Sidak Jokowi Membuat Kaget Kecamatan Kemayoran


Meski sedang berpuasa, ternyata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo tidak mengurangi kesigapannya melakukan sidak.

Dengan mengenakan seragam PNS berwarna coklat dan jaket hitam, Jokowi tiba di kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat sekitar pukul 13.05, Rabu (10/7).

Jokowi langsung masuk ke dalam unit-unit pelayanan di lantai dua. Kedatangannya sempat membuat kaget para petugas di Kecamatan Kemayoran. Mereka yang semula tengah duduk-duduk langsung berdiri dengan wajah yang terlihat tegang.

"Selamat siang, Pak..", sapa mereka kepada Jokowi yang dijawab dengan anggukan kepala sambil terus berjalan.

Di salah satu unit pelayanan, Jokowi menyapa Ibu Mardiah, yang memang hanya sendirian. "Ngapain, Bu?" tanya Jokowi sambil tersenyum.

Bu Mardiah yang disapa Jokowi pun kaget. Namun, dia langsung tersenyum. "Mau sertifikasi tanah di Cempaka Putih Utara, Pak", kata Bu Mardiah sambil memperlihatkan berkas-berkas yang dipegangnya.

Kehadiran Jokowi di kecamatan itu tidak disambut oleh Camat Iyan Sopyan Hadi. Menurut salah seorang petugas kelurahan, Camat sedang rapat dengan lurah-lurah di Kemayoran.

Jokowi tak berlama-lama di kantor kecamatan itu. Sekitar 15 menit kemudian, dia turun ke bawah. Tampak beberapa petugas kelurahan menyambutnya di bawah. "Selamat siang, Pak", sapa mereka.

Tiba-tiba, datang sepeda motor dan turunlah Camat Kemayoran tertatih-tatih seraya langsung menemui Jokowi. Seusai bertemu Camat, Jokowi mengatakan ingin melihat pelayanan masyarakat di kecamatan ini.

"Saya mau cek petugasnya masih ada atau enggak. Ternyata petugasnya sepi karena masyarakatnya yang mau dilayani sepi juga", ujar Jokowi.

Jokowi juga memaklumi jika Camat tidak berada di tempat saat dia sidak. "Ya, enggak apa-apa. Masa camat nunggu di kantor saja", kata Jokowi sambil masuk ke dalam mobilnya.

sumber : KOMPAS.com