Sabtu, 13 Juli 2013

Relief Cantik di Kemayoran Tidak Terawat


Sayang sungguh sayang, relief cantik yang berada di  gedung eks Bandara Kemayoran kini tak terawat.

Di masanya, relief itu mengundang decak kagum tamu negara yang turun di Kemayoran lantaran relief tersebut memang dibangun atas perintah Soekarno untuk Sambut Tamu Negara

Relief itu terletak di ruang VIP dan di ruang kedatangan, di lantai 1 dan 2. Relief itu dipahat pada tahun 1957.

Relief dikerjakan tiga seniman ternama Indonesia, yaitu Sindoesoedarsono Soedjojono, Harijadi Sumodidjojo, dan Surono. Relief itu dibagi dalam beberapa tema antara lain relief Sangkuriang.

Bisa dicek siapa saja tamu yang datang di masa itu. Berbagai kepala negara dari berbagai belahan dunia datang dan sempat melihat relief itu. Ada juga yang menyatakan kekagumannya.

Menurut Ketua Humas Pusat Pengelolaan Komplek Kemayoran (PPKK), Ali Khafiah, relief tidak termasuk ke dalam benda cagar budaya Indonesia. Dia tak tahu alasannya, alhasil relief bersejarah ini dibiarkan begitu saja.

"Orang museum ya yang tahu kenapa ini tak diakui," jelas Ali di kantor PPKK, Jalan Angkasa, Jakarta Pusat, Jumat (12/7).

Karena bukan benda cagar budaya itu, bisa jadi suatu hari nanti bisa dihilangkan atau dijual. "Suatu saat bisa saja dihilangkan," tambah Ali.

sumber : news.detik.com