Rabu, 05 Februari 2014

TAMAN MONDEL KEMAYORAN



Taman Mondel, demikian banyak orang menyebutnya, di bangun oleh Pusat Pengelola Kawasan Kemayoran (PPKK). Sepasang patung ondel-ondel setinggi delapan meter itu di resmikan pada tanggal 17 Januari 2014 bertepatan saat banjir bandang mulai melanda wilayah Ibukota.

Peresmian di buka oleh Lambock V. Nahattands,  Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Mensetneg)  di dampingi Direktur Utama PPKK, Mayjen TNI (Purn) Tabrie, serta budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

Peresmian juga di hadiri Ketua Museum Rekor Indonesia (Muri) Jaya Suprana yang sekaligus mencatat Mondel Kemayoran sebagai patung ondel-ondel terbesar di dunia.

Keindahan Ondel-Ondel Kemayoran Menarik Perhatian Warga

Keberadaan Taman Monumen Ondel-Ondel (Mondel) di Jalan Benyamin Sueb atau Runway Kemayoran, Jakarta Pusat, sejak di resmikan kini banyak di kunjungi warga untuk bermain atau berfoto ria. Patung tokoh kebanggaan masyarakat Betawi itu  tampak berdiri megah di tengah bunderan jalan raya ramai lalulintas.

"Keberadaan patung di atas taman ini memang membuat indah Jalan Runway Kemayoran. Banyak warga yang bersantai duduk-duduk di tangga ubin sambil melihat lalu-lalang kendaraan," ujar Hanafi, warga Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (3/1).

"Tapi hal yang paling menarik adalah berfoto bersama dengan latar belakang ondel-ondel raksasa," tambah Hanafi yang mengajak anak dan istri berfoto-ria menggunakan kamera ponsel.

Saking banyaknya warga yang datang ke sini, apalagi sore hari, maka kawasan sekitar monumen di penuhi kendaraan yang sedang parkir. Risikonya memang cukup berbahaya karena jalan di kedua arah ini banyak lalu-lalang kendaraan berkecepatan tinggi.

"Untuk itu, anak saya harus selalu dipegangi agar tidak nyelonong lari ke tengah jalan," tambah istrinya, Nurbaety.

poskotanews.com