Kamis, 13 Februari 2014

Jokowi Luncurkan Layanan IMB Online di Kemayoran


Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) luncurkan program pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Online. Acara ini di gelar di Kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Jokowi tiba di lokasi pada pukul 09.00 WIB. Hadir pula di acara tersebut Kepala Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI, I Putu Ngurah Indiana.

Ngurah menjelaskan proses pemohonan IMB secara online sudah bisa dilakukan sejak 1 Februari 2014.

"Ini akan sangat mudah, masyarakat bisa memohon dari mana saja dari seluruh wilayah, asal ada komputer dan internet. Tidak terbatas hari kerja," ujar Ngurah di Kantor Kecamatan Kemayoran, Jalan Serdang III, Jakarta Pusat, Kamis (13/02/14).

Dalam acara tersebut, Jokowi meresmikan dengan membunyikan sirine. "Hari ini tanggal 13 Februari 2014, pengurusan IMB Online secara resmi telah di buka," kata Jokowi.

Jokowi juga secara simbolik memberikan dua IMB warga yang di urus secara online. Lantas mantan Walikota Solo ini bertanya terkait berapa lama waktu yang di butuhkan untuk membuat IMB. "Berapa hari buatnya?" tanya Jokowi. "Empat hari, Pak," jawab Fitri, salah seorang warga.

"Kalau sebelumnya berapa lama, Pak?" tanya Jokowi kepada Ngurah. "Sebelum berlaku online, pengurusan IMB paling cepat di urus 14 hari. Pelayanan ini sudah dapat di lakukan di seluruh kecamatan di DKI." jawab Ngurah. "Sekarang standarnya seminggu, Pak," pungkasnya.

detik.com