Senin, 05 Agustus 2013

Ada "Macan Kemayoran" di Sragen, Jawa Tengah


Siapa yang menyangka bahwa di sebelah timur Kota Sragen, perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ada sebuah Komunitas yang menamakan dirinya 'Macan Kemayoran'.

Saat ditemui di 'markas' mereka yang berlokasi di Gondang, Sragen, Jawa Tengah, barulah dimengerti bahwa ternyata ada sebagian anggotanya yang pernah berdomisili di wilayah Kemayoran, Jakarta Pusat.

Bahkan pimpinan komunitas tersebut mengaku lahir dan besar di Kemayoran. Bambang Codet, demikianlah dia biasa dipanggil. Dan selanjutnya di akui bahwa Komunitas 'Macan Kemayoran' memang di bentuk atas inisiatifnya demi mengenang Kemayoran sebagai 'Tanah Tumpah Darah'.

Saat ditanya tentang keterkaitan Komunitas tersebut dengan Ormas Lembaga Macan Kemayoran (LMK), secara diplomatis lelaki berusia 45 tahun itu menjawab bahwa tidak tertutup kemungkinan bagi mereka untuk menuju ke arah itu. "Maklum, sejauh ini baru sebatas upaya menarik benang merah antara kami dengan Kemayoran..", tukasnya.

Kendati demikian, mantan Ketua RT Kelurahan Gunung Sahari Selatan ini tampak antusias tatkala di beri tahu tentang hal-ikhwal Ormas Lembaga Macan Kemayoran (LMK). "Oo.. sekarang Ketua Umumnya Haji Rosyid, ya.. saya pernah kenal sama dia.." tukasnya.

Komunitas yang terbentuk setengah tahun silam ini telah memiliki anggota sekitar 30 orang. "Memang nggak semuanya pernah ke Kemayoran, Jakarta, tapi paling nggak mereka udah tahu kalau Kemayoran adalah lokasi eks bandara internasional dan juga Pekan Raya jakarta (PRJ)", paparnya.

Selain itu, di jelaskan pula bahwa mereka tengah membahas program tentang upaya peningkatan kesejahteraan bersama. "Jika memungkinkan, kami juga akan membentuk wadah Koperasi simpan-pinjam, dimana para anggota dapat memperoleh dana tambahan untuk modal usaha.." pungkasnya. [Ar]