Sabtu, 14 Juni 2014

Pawai Ondel-Ondel Semarakan Jakarta Fair Kemayoran





Jakarta International Expo selaku penyelenggara Jakarta Fair Kemayoran 2014 tetap konsisten untuk menampilkan keragaman budaya dari seluruh Indonesia khususnya kebudayaan Betawi. Event  Jakarta Fair yang sudah digelar ke-47 kalinya ini memang sekaligus untuk memperingati hari jadi Kota Jakarta yang sudah berusia ratusan tahun tersebut.

Konsistensi tersebut kemudian ditunjukan oleh pihak pengelola untuk menampilkan dan memamerkan kebudayaan Betawi kepada pengunjung Jakarta Fair Kemayoran 2014 yang semakin membludak setiap hari. Seperti salah satu pertunjukan yang pada hari Kamis (12/6/14) ditampilkan, tampak Ondel Ondel ikut ambil bagian, berputar mengelilingi seluruh area Jakarta Fair Kemayoran 2014. Dengan diiringi musik khas Betawi, parade kebudayaan Jakarta itu menampilkan  kebudayaan yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ondel-ondel Betawi itu berdansa dengan pasangannya, satu ondel-ondel pria berwarna merah, satunya lagi ondel ondel wanita berwarna putih. Keduanya diiringi seperangkat tetabuhan gamelan Betawi. Ada Gendong, Tepak, Gendang Kempul, Kenong Kemong, Gong, Tehyan, Krecek dan Terompet yang bersahut-sahutan.

Pengunjung Jakarta Fair pun ikut-ikutan joget. Sepasang Ondel-ondel itu sepertinya tebar pesona di mana-mana, sebab atraksi mereka tidak hanya di depan stan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), tetapi juga di stan promosi bisnis dan kawasan pameran Jakarta Fair lainnya.

Selain ondel-ondel, dalam parade tersebut juga dipamerkan kebudayaan lain berupa seni tari bahkan Barongsai juga tidak ketinggalan meramaikan parade tersebut. Para peserta stand yang ada di Jakarta Fair Kemayoran pun juga diberikan kesempatan untuk tampil bersama di parade kebudayaan ini.

Dalam event pameran terbesar se-Asia Tenggara ini,  pihak pengelola juga menampilkan secara khusus Kampung Budaya Betawi dimana ada panggung pertunjukan yang menampilkan lenong, gambang kromong, tari-tarian dan ondel-ondel.

Selain ondel-onde Betawi, stand yang dibuat sedemikian rupa menyerupai teras depan rumah tradisional Betawi ini juga menggelar arak-arak sunatan Betawi, dan karnaval busana pengantin Betawi, di panggung Budaya Gambir Expo Kemayoran.

wartadki.com