Minggu, 08 Juni 2014

Kampung Budaya Betawi di Jakarta Kemayoran Fair



Pada event Jakarta Kemayoran Fair di tahun sebelumnya, pengunjung tentu tidak asing dengan pernak-pernik Betawi di kawasan Gambir Expo. Tapi tahun ini kawasan tersebut muncul dengan wajah baru dan lebih seru.

Sudah lima tahun kebudayaan Betawi turut memeriahkan event yang digelar selama 31 hari di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Tahun ini tempatnya makin diperluas. Pengunjung dan wisatawan bisa kenal lebih dekat dengan Kampung Budaya Betawi.

"Tema baru Kampung Budaya Betawi seperti ini baru diadakan pertama kali. Istimewanya kita sekarang diberi keluasan dari JI-Expo untuk memamerkan produk-produk Betawi," Nur Hasan di kawasan Gambir Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (6/6/14)

Selain kuliner, tambah Hasan, ada pertunjukan seni dan budaya asli Betawi yang jarang dilihat orang. Wisatawan bisa menyaksikan setiap hari Sabtu dan Minggu saja.

"Sebenarnya kami ingin pertunjukan ini diadakan sebulan penuh. Tapi karena kurangnya anggaran maka tidak bisa live tiap hari," lanjutnya.

Hasan mengatakan, walaupun tidak ada pertunjukan live, di hari-hari biasa pihaknya akan menampilkan sejarah Kota Jakarta lewat slide. Diyakinunya bahwa pengunjung bakal tetap antusias datang ke kawasan Kampung Budaya Betawi.

"Hari pertama saja pengunjung ramai walau hanya di bagian depan saja," ucap Hasan.

Ada 35 stand yang menyajikan produk kuliner langka, batik Betawi, cindera mata khas Betawi, juga tidak ketinggalan satu panggung pertunjukan seni budaya bernuansa Betawi. Wisatawan bisa merapat ke kawasan Gambir Expo, tepatnya di sebelah Hall-D3.

okezone.com