Sabtu, 08 Maret 2014

Bus Trans Jakarta Mogok di Perlintasan Kereta Api


Penumpang Luka Karena Lompat Jendela

Kepanikan menimpa para penumpang Trans Jakarta ketika bus bernomor polisi B 7268 IV, secara tiba-tiba mogok di tengah perlintasan rel kereta di Jl Mangga Dua Selatan.

Belasan penumpang Bus Koridor XII tersebut langsung memecahkan kaca menyelamatkan diri walaupun harus mengalami luka dan berjatuhan.

Kepanikan penumpang tersebut terjadi saat bus yang melaju dari arah Pluit menuju Kemayoran mogok di tengah perlintasan kereta api di Jl Mangga Dua Selatan sekitar pukul 19.30 WIB, Jumat (7/3). Di saat mogok itu kemudian sirine tanda kedatangan kereta berbunyi.

Nahasnya, beberapa penumpang mengalami luka karena terjatuh dan terinjak saat berebutan melompat keluar melalui jendela bus.

Salah seorang penumpang, Ariani (25), mengatakan saat kejadian bus berisi puluhan penumpang. Sesaat setelah bus mogok, beberapa penumpang panik karena mendengar sirine kereta.

"Suasana di dalam bus pokoknya panik dan histeris. Beberapa di antara ada yang pecahkan kaca, kemudian kita berebutan untuk keluar dari jendela," ujarnya, Jumat (7/3).

Saat berebutan keluar dan melompat dari jendela itulah, beberapa penumpang mengalami luka. Bahkan beberapa di antara mereka harus dibawa ke RS Husada di Jl Mangga Besar, Jakarta Pusat, untuk mendapat perawatan. Sedangkan bus Trans Jakarta yang mogok berhasil di dorong oleh warga sehingga tidak sampai tertabrak kereta yang melintas.

Sang sopir, Kinston Manalu (46), mengakui bahwa kendaraannya memang kadang suka bermasalah kalau kepanasan. Biasanya, temperatur bus akan meningkat bila terlalu lama beroperasi.

"Ini memang umurnya sudah agak tua, dia gak bisa dibawa operasi terlalu lama. Kalau kelamaan mesin akan panas dan mogok," tuturnya.

Sementara itu, Kasat Lantaswil Polres Jakut, Akbp Gatot Subroto, membenarkan kejadian mogoknya bus Trans Jakarta bernopol B 7268 IV. Akibat kepanikan yang terjadi, sebanyak 11 penumpang harus mendapat perawatan di RS Husada karena terjatuh saat melompat dari jendela bus.

"Sopirnya atas nama Kinston Manalu, beralamat di RT 04/11 Kramatjati, Kramat Jati, Jak Tim. Penanganan lanjutan dilimpahkan ke Unit Laka Satlantas Polda Metro Jaya," pungkasnya.

merdeka.com