Sabtu, 01 Desember 2012

Walikota Naik Getek Bersihkan Sampah Di Kali Item


Dengan Getek berukuran 1m x 5m, Walikota Jakarta Pusat, Saefullah di dampingi Camat Kemayoran, Mahar- yadi dan Petugas Sudin PU Air Jakarta Pusat, membersihkan sampah yang terdapat di delta Kali Item.

Menggunakan jaring eks kipas angin di ikat ke bambu, Walikota menyerok tumpukan sampah dari sungai yang lantas di masukan dalam  karung. Dan tanpa merasa jijik, sampah di angkat perlahan agar tidak jatuh lagi ke air.

Menurut Saefullah, sampah yang menumpuk di Kali Item sudah diangkat sekitar 200 meter kubik yang di kerjakan selama empat hari. Pengangkatan sampah tersebut di lakukan oleh Pihak Dinas PU Provinsi DKI Jakarta dan Sudin PU Air Jakarta Pusat.

Diperkirakan sisa tumpukan sampah saat ini sekitar 300 meter kubik lagi. "Mudah-mudahan dalam minggu-minggu ini sampah yang menumpuk sepanjang 500 meter di kali tersebut habis terangkut", ujarnya saat meninjau pelaksanaan pengangkatan sampah oleh UPT Peralatan Dinas PU bersama Sudin PU Air Jakarta Pusat, Jum’at (30/11).

Pada kesempatan yang sama, selain hadir Camat Kemayoran, Maharyadi, tampak pula Lurah Serdang, Mulyatno, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Eldi Andi, Kepala Bagian Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Yuwendry dan Kepala Suku Dinas PU Air, Herning Wahyuningsih.

Menurut pengamatan di lokasi, tumpukan sampah yang berserakan di sepanjang kali tersebut sebagian besarnya terdiri dari plastik minuman, kantong plastik, potongan kayu, bambu, sterofoam, kasur dan lain sebagainya akibat terbawa  hujan.

Untuk itu Walikota menghimbau, agar warga membuang sampah pada tempatnya dan tidak membuang ke selokan ataupun sungai. Selain itu juga sampah yang tercecer di jalan segera di tangani oleh pihak Sudin Kebersihan agar tidak tertiup angin dan masuk ke saluran atau ke kali.

epala Suku Dinas PU Air Jakarta Pusat, Herning Wahyuningsih menambahkan bahwa sampah yang terdapat di Kali Item diperkirakan sampai mencapai 500 meter kubik, dan yang sudah terangkut 200 meter kubik dengan mengerahkan personil sebanyak 75 orang.

sumber : pusat.jakarta.go.id