Kamis, 13 Desember 2012

Kecamatan Kemayoran Butuh LPS Transit


Keberadaan sampah sangat di keluh- kan warga RW 09, Kelurahan Kebon Kosong, Kecamatan Kemayoran, Ja- karta Pusat. Pasalnya telah terjadi timbulan sampah di lingkungan mere- ka, yakni meliputi RT 08,09 dan 14.

Permasalahan tersebut, bisa jadi lan- taran di wilayah Kecamatan Kemayo- ran yang terdiri dari 8 Kelurahan ter- sebut hanya memiliki 2 Lokasi Pem- buangan Sampah (LPS), dan di nilai kurang layak.

Menyikapi hal demikian, Camat Kemayoran, Marhayadi, saat di konfimasi menjelaskan keberadaan LPS sementara yang di Kebon Kosong memang di akui kadang penuh tapi segera di angkut oleh petugas kebersihan.

"Sampah di wilayah Kemayoran di perkirakan sekitar 670m3/hari, dan ada titik-titik pengambilan sampah yang tidak terangkut di hari yang sama. Oleh karena itu, perlu tempat transit di Kebon Kosong, sebab di Kemayoran kurang LPS dan kekurangan truk sampah", ujarnya.

Kasie Kebersihan Kecamatan Kemayoran H. Zulkarnaini, SH, Msi, menambahkan, bahwa selama ini kinerja petugas kebersihan kami telah bekerja secara maksimal dalam menjaga kebersihan terutama sampah yang ada di tiap pemukiman penduduk.

Di katakan pula, bahwa sampah harus di tangani secara serius, kini sampah yang di buang ke Depot LPS di Kebon Kosong volumenya di akui memang kadang menumpuk dan banyak warga lain yang membuang di lokasi tersebut pada malam hari, pertugas segera mengangkut di hari berikutnya.

"Masalah keluhan warga sedang kita cari solusinya untuk mencari LPS sementara yang layak di wilayah Kecamatan Kemayoran", ungkap H. Zulkarnaini.

Jika sebelumnya sampah yang di buang warga ke lokasi sementara itu kadang sehari bisa mencapai beberapa Truk besar yang di angkut oleh petugas kebersihan dan membawanya ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi.

H. Zulkarnaini menegaskan petugas kebersihan untuk pengangkutannya dimulai dari pagi pukul 04.30, "Serta menghimbau kepada petugas di lapangan untuk memantau TPS sementara yang penuh dengan sampah untuk segera di angkut seperti di pasar maupun sekitarnya itu tugas rutin", pungkasnya.

sumber : klikbangsa.com