Selasa, 20 Mei 2014

Kodim 0501 Jakarta Pusat Hijaukan Kebon Kosong



Anggota TNI AD di jajaran Kodam Jaya tidak hanya menonjolkan seragam dinasnya saja yang berwarna hijau. Tapi ternyata mereka juga peduli untuk menghijaukan lingkungan di sekitarnya. Seperti yang dilakukan oleh anggota Kodim 0501 Jakarta Pusat, Senin (19/5/14).

Kegiatan penghijauan dilakukan dengan penanaman pohon yang dipimpin langsung Danramil 07/Kemayoran Kapten Arh Saryono yang mewakili Dandim 0501/JP BS Letkol Inf Yudi Pranoto. Lokasi penghijuauan di lingkungan RS Mitra Keluarga, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Turut hadir, Camat Kemayoran Bapak Ian Sopian Hadi, Kasudin Pertanian Jakarta Pusat Ir Isom S, Lurah Kebon Kosong Suprapto, dan Binmaspol Polsektro Kemayoran Aiptu Frencen.

”Penghijauan adalah salah satu kegiatan penting yang harus dilaksanakan secara konseptual dalam menangani krisis lingkungan. Begitu pentingnya sehingga penghijauan sudah merupakan salah satu program yang dilaksanakan di seluruh Indonesia. Khusus di wilayah Jakarta, penghijauan berperan dan berfungsi sebagai paru-paru ibu kota,” ungkap Saryono.

Menurutnya, kegiatan tersebut harus terus dilakukan untuk mendukung ”Gerakan Indonesia Menanam Satu Miliar Pohon.” Gerakan itu dalam rangka menjaga dan melestarikan lingkungan hidup serta mengurangi dampak pemanasan global. Ditambahkan pula bahwa banyak banyak sekali fungsi penghijauan dalam siklus kehidupan di muka bumi ini.

Antara lain, tanaman sebagai elemen hijau, pada pertumbuhannya menghasilkan zat asam (O2) yang sangat diperlukan bagi makhluk hidup untuk pernapasan. Juga sebagai penyeimbang alam dan juga merupakan pembentukan tempat-tempat hidup alam bagi satwa yang hidup di sekitarnya.

Serta, menciptakan ikIim mikro, peresapan air hujan, pengendalian polusi udara, pengelolaan limbah dan memperkecil pantulan sinar matahari, pengendalian erosi tanah, mengurangi aliran permukaan, mengikat tanah.

indopos.co.id