Senin, 26 Mei 2014

Empuknya Nasi Bebek Madura di Kemayoran



Di Jakarta, bicara soal yang jual Nasi Bebek, bertebaran di mana-mana. Mulai dari yang kaki lima dengan tenda, atau sekedar gerobak dorong hingga di restoran baik yang biasa saja hingga yang mewah.

Nah, dari sekian banyak penjual Nasi Bebek yang ada di pinggir jalan (kaki lima), terdapat satu lokasi yang sesuai dengan selera, yakni Nasi Bebek Madura yang 'mangkal' di dekat Rumah Sakit Mitra Kemayoran, Jalan Landas Pacu Timur.

Diperkenalkan oleh seorang kawan yang berdomisili di Rusun Kemayoran. Dengan kata lain, awal-awalnya saya kerap dibelikan Nasi Bebek tersebut ketika saya berkunjung ke rumahnya.

Keunggulan dari kuliner ini adalah daging bebek yang terasa empuk dan berbeda dengan lainnya yang terkadang alot. Oleh sang penjual dikatakan bahwa daging bebeknya direbus agak lama supaya empuk.

Setelah direbus dengan bumbu khas Madura, barulah daging bebek digoreng, namun tidak sampai garing demi menjaga keempukannya. Nasi Bebek ini akan disajikan dengan semacam kremes yang membuat semakin kimat untuk disantap.

Belum lagi Sambal-nya yang semakin membuat lidah bergoyang kenikmatan. Harganyapun tidak terlampau mahal, sekira Rp 15.000 perporsi. Namun bila memilih daging bebek irisan kecil-kecil, cukup membayar Rp 12.000 saja.

Lokasinyapun relatif mudah dijangkau, dari arah Sunter ke lampu merah HBR Motik. Namun jangan naik fly-over, me- lainkan ambil jalan ke kiri menuju ke RS Mitra dan langsung terlihat gerobaknya.

Kendati beroperasi hanya pada malam hari, namun janganlah terlalu yakin masih mendapatkan Menu Daging Bebek, mengingat peminatnya yang cukup banyak.

Yaa.. bahkan terkadang belum pukul 21.00 WIB, Daging Bebek Goreng ini sudah habis. Namun demikian, kita masih dapat menikmati Sop Kambing, Sate Ayam dan Kambing yang di jajakan pada gerobak yang sama.

bacirita.com