Sabtu, 22 September 2012

Ada Robot Bermain Dengan Anak-Anak di Kemayoran


PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan robot yang mahir menggunakan alat musik dan robot yang bisa bermain dan bercerita kepada anak-anak.

Kedua robot itu tampil di arena Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, yang berlangsung di JI-Expo, Kemayoran, Jakarta (21/9).

Robot pertama bernama Humanoid bisa bermain biola. Saat melakukan atraksi, robot Humanoid mampu memutar kedua belah tangan dan pergelangan tangan memainkan biola. Tangan kirinya bisa mengatur intensitas dawai biola dengan baik.

Sedangkan tangan kanannya mampu menggesek dawai biola dengan harmoni musik yang membuat decak kagum pengunjung yang datang ke stan Toyota itu.

Sementara itu, robot Robina merupakan robot yang didesain mampu membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari, termasuk berinteraksi dengan anak-anak dan bercerita kepada mereka. Selain itu, Robina mampu melakukan perawatan medis, mengangkat serta memindahkan barang.

Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran TAM bilang, Toyota memamerkan kedua robot itu di IIMS sebagai komitmen perusahaan untuk mengembangkan teknologi yang bermanfaat bagi manusia. Ia bilang, Toyota tak hanya sekadar memproduksi mobil, tetapi juga mengembangkan teknologi.

"Selain mobil, kami juga bisa membuat robot yang bisa bermain dengan anak-anak dan berinteraksi dengan manusia", jelas Joko disela-sela konferensi pers pertunjukan robot Robina dan Humanoid di IIMS 2012, Jumat (21/9).

Kedua robot tersebut, pertama kali diperkenalkan di Shanghai Motor Show, kedua di Thailand Motor Show dan baru yang ketiga di IIMS 2012. Humanoid dan Robina sudah dikembangkan sejak tahun 1980-an oleh Toyota Motor Company.

Joko bilang, TAM mendatangkan robot itu untuk diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia, bukan untuk diperjual-belikan. Toyota menurut Joko berkomitmen memperkenalkan teknologi robot terbaru di pameran-pameran otomotif yang akan diikutinya.

sumber : industri.kontan.co.id