Sabtu, 11 Agustus 2012

Segera Dibangun Perumahan Wartawan Di Kemayoran


Perumnas telah menyiapkan lahan di Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat, sebagai pengganti lokasi perumahan wartawan yang sedianya akan di bangun di kawasan Citayam, Depok.

Selain itu diungkapkan oleh Direktur Utama Perumnas, Himawan Arif, bahwa Perumnas tengah menjajaki Rusunami bagi wartawan di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Mengenai lahan di kawasan Parung Panjang, Perumnas merencanakan pengembangan hingga 400 hektar. Sebagian telah di kembangkan sejak tahun 1995 dan kini berdiri 5000 unit rumah untuk sektor I dan II. Menurut Himawan, masih ada lahan kosong di sektor III dan IV.

"Tadinya, lokasi perumahan wartawan di Citayam. Namun setelah kami analisa ternyata ada masalah legalitas lahannya. Akhirnya kami menyiapkan lahan Perumnas di Parung Panjang", ujarnya saat acara buka puasa bersama di Wisma Perumnas, Jumat (10/8).

Himawan menambahkan, salah satu pertimbangan pemilihan lokasi di Parung Panjang itu karena sudah dilintasi jalur kereta listrik yang hanya berjarak tempuh 10-15 menit ke Stasiun Serpong.

Ditegaskan pula bahwa langkah proaktif  Perumnas itu sebagai tindak lanjut instruksi Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz tentang perlunya perumahan bagi wartawan. "Ini sekaligus menjawab keraguan tentang rencana pembangunan rumah subsidi bagi wartawan. Jadi ini nyata dan kami siap bangun", paparnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Pemasaran Perumnas, Teddy Robinson. Menurutnya, perumahan Parung Panjang lebih dekat ke Tangerang, meski wilayahnya masuk Kabupaten Bogor. Aksesnya lebih dekat (sekitar 14 Km) ke BSD dan Lippo Karawaci yang juga menjadi sentra bisnis dan perkantoran.

"Lahan Parung Panjang itu terdiri dari empat sektor. Sektor satu dan dua sudah penuh. Nah masih ada lahan kosong di sektor tiga dan empat. Lokasi ini juga dekat dengan stasiun kereta api Maja", ungkapnya.

Selanjutnya Teddy menjanjikan wartawan akan mendapat kemudahan dalam proses KPR FLPP. Pasalnya BRI cabang BSD sudah menyatakan kesiapannya memroses KPR bagi wartawan. "Yang gajinya pas-pasan tidak usah khawatir, BRI tidak mempersoalkannya. Apalagi ini merupakan program pemerintah", tegasnya.

Namun saat ditanya tentang kisaran harga rumah bagi wartawan yang akan di bangun Perumnas itu, Teddy belum bisa memastikan dan hanya mengatakan bahwa tipe rumah yang akan di bangun antara 36 dan 70. "Tipenya kami siapin mulai tipe 36 sampai 70. Soal harga itu urusan pemerintah (Menpera)", pungkasnya.

sumber : perumnas.co.id