Kamis, 09 Agustus 2012

Bakso Aloy Jalan Garuda


Bakso Daging Babi Buat Non Muslim..

Di bilangan jalan Garuda ada sebuah tempat jajanan yang enak, namanya Bakso Aloy. Lokasinya di sudut kiri halaman Apotik Kimia Farma dengan menggunakan sebuah gerobak berwarna biru. Bisa jadi karena letaknya yang di atas trotoar jalan itulah maka fasilitasnyapun terkesan seadanya saja.. hanya terdapat sebuah meja panjang dengan beberapa bangku plastik.

Mengingat tempat makan yang kondisinya sangat sederhana itu.. menyantap Bakso Aloy saat menjelang sore, terlebih di kala matahari masih terik.. tentu saja suasana sama sekali tidak nyaman. Kendati demikian.. tidak dapat dipungkiri bahwa ternyata kuliner yang satu ini memang sudah sedemikian terkenal di wilayah Kemayoran dan sekitarnya.

Oh ya.. sekedar informasi bahwa dalam menu Bakso Aloy terdapat pula ekstrak babi sebagai pelengkap bumbu kuliner tersebut. Mengetahui hal demikian.. tentu saja kitapun lantas memahami pula bahwa Bakso Aloy bukan di peruntukan bagi para penggemar bakso di kalangan umat muslim ataupun agama lain yang mengharamkan babi.

Kendati sebenarnya yang di jajakan oleh Aloy adalah Bakso Sapi.. namun terdapat pula campuran daging babi. Sebagaimana di ketahui pula bahwa yang demikian itu tidak lain adalah komposisi sesungguhnya dalam jenis kuliner Bakso. Memang.. sapi dan Babi yang di campur sedemikian rupa hingga membuat Bakso menjadi nikmat.

Terlepas tentang pembahasan halal dan haram.. terdapat sebuah keunikan dalam cara penyajian Bakso Aloy.. yakni dengan menggunakan piring. Segera dimengerti pula bahwa seakan-akan Aloy, sang pedagang ingin menampilkan sebuah nuansa yang berbeda ketimbang Warung Bakso pada umumnya yang menggunakan mangkok.

Yang pasti.. menurut pengakuan para penggemar kuliner ini.. cita rasa Bakso Aloy sungguh nikmat yang ternyata berasal dari kuah kaldu bakso yang sangat gurih rasanya. Adapun kaldu baksonya itu sesungguhnya adalah campuran dari kaldu sapi dan kaldu babi. Selain itu terdapat pula beraneka ragam jeroan sebagai penguat cita rasa Bakso Aloy.

Menu Bakso Aloy terdiri dari.. Bakso Sapi & Babi dan ada pula Bakso Ikan serta Bakso Tahu. Selain itu asesoris pelengkapnyapun beragam, seperti Iso Babi, Kulit, Urat Sapi, Kekian, dan lain sebagainya. Sementara itu.. dilengkapi dengan Bihun, Mie dan Kwetiau. Dan jika ingin benar-benar kenyang.. maka seporsi nasi putih dapat pula melengkapinya.

Namun ada sebagian berpendapat bahwa dengan melahap dua butir bakso yang  berukuran lumayan besar itu.. maka perutpun langsung terasa kenyang. Ditambah lagi dengan cita rasa dari sambal buatan Aloy hasil racikan khusus hingga terasa nuansa perpaduan antara Pedes dam Asam yang sungguh mantap dan membuat ketagihan.

Kendati tempatnya terbilang kecil.. namun orang dapat dengan mudah menemukan Bakso Aloy. Selain lokasinya yang cukup stategis.. sebuah banner ukuran besar terpampang dan dapat segera di kenali. Para penggemarnya lumayan banyak namun lantaran cekatan.. setiap pesanan dapat di layani dalam tempo yang relatif tidak terlalu lama.

Mangkal di halaman Kimia Farma dan Alfamidi mulai jam 3 sore setiap harinya. Persiapan melayani penggemar memang cukup diperhitungkan dengan menggunakan peralatan berukuran besar. Namun berhubung bangku tidak tersedia banyak.. maka demi kenyamanan.. sebaiknya agar di bungkus dan di nikmati di rumah masing-masing saja.

Mwnu Bakso seperti ini memang jarang di temui di antero ibu kota.. itulah sebabnya senantiasa di banjiri para peminat dari pelbagai la;anghan. Bahkan tidak jarang diantara mereka.. selain makan di tempat.. juga memesan untuk di bawa pulang. Oh ya.. andai di bungkus sebaiknya kuahnya dipisah dari jeroannya agar terhindar dari bau amis.

id.openrice.com