Selasa, 12 Juli 2011

Kuliner Kampung Kite



Tempatnya tidaklah besar, bahkan terkesan kurang memadai untuk ukuran sebuah warung bakso. Kendati demikian bagi Kang Agus, pemilik warung bakso tersebut hal yang demikian bukanlah suatu permasalahan yang terlalu serius. Hampir dua puluh tahun lelaki kelahiran Wonogiri Jawa Tengah itu  berdagang dengan kondisi seperti itu tanpa pernah mendapat komplain yg berarti dari para pelanggannya,

Namun siapa yang menyangka bahwa di tempat berinterior seadanya ini setiap sore hingga malam hari selalu ramai di kunjungi orang. Bahkan sebagian besar pelanggannya adalah dari kalangan anak muda. Apalagi di malam libur, kita harus rela mengantre berlama lama demi untuk mendapatkan pesanan. Belum lagi apabila turun hujan, maka tanpa membawa payung ada baiknya kita pulang saja, karena tempat itu terlalu sempit untuk melindungi kita dari kebasahan.

Tentang cita rasa dan teknis penyajian, sesungguhnya bakso Kang Agus tidaklah terlalu istimewa. Demikian pula tentang harga serta menu yang “standar” sebagaimana warung bakso pada umumnya. Andaipun terdapat sedikit perbedaan dari cara melayani para konsumen, itupun lebih disebabkan karena kemurahan senyum dari sang pemilik warung yang dikenal sebagai “Bakso Anda” itu.

Sesungguhnya faktor penyebab utama dari marak tempat ini adalah berasal dari para pengunjungnya sendiri. Mungkin karena lokasinya yang berada dilingkungan kost-kostan mahasiswa serta karyawan dibeberapa maskapai penerbangan yang mayoritasnya dari kalangan anak muda memang menjadikan bakso diwarung ini sebagai salah satu alternatif menu makan malam. Bahkan di hari libur, tempat inipun pada siang hari seolah di fungsikan oleh mereka sebagai kantin sekaligus “halte transit”.

Yang jelas, sejak dulu hingga kini Bakso Kang Agus memang dikenal sebagai tempat berkumpulnya cewek-cewek cakep. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa fenomena tersebut menjadikannya sebagai daya tarik tersendiri. Semakin hari kian ramai orang ( baca ; anak muda ) berkunjung untuk jajan bakso sambil ngeceng dan cuci mata ; syukur-syukur bisa kenalan dan dapat jodoh. Khusus bagi para jomblo; tidak ada salahnya jika anda meluangkan waktu mampir ke warung bakso Kang Agus. Seberang gedung Merpati, Jalan Angkasa.

Aida Arsyad