Rabu, 01 April 2015

Balap Liar Kemayoran Jakarta Perlu Difasilitasi




Balapan liar di Jakarta mah udah dari dulu banget. Mungkin dari jaman Om Mimin lahir Balap liar di Kemayoran, Jakarta uda ada. Kenyataanya emang kaya gitu. Sejarawan UI JJ Rizal membeberkan fakta bahwa balap liar itu uda ada dari tahun 1930.

Bahkan untuk di Semarang menurut bang JJ Rizal balap liar dan komunitas motor touring sudah ada sejak tahun 1908. Masih menurut bang JJ Rizal nih bro, di era gubernur DKI Ali Sadikin, para pembalap liar di Jakarta sempat di fasilitasi arena balap di Ancol.

Buat Broret yang punya babeh racing di Jakarta coba tanyain deh ke babehnya. Bener gak jaman pak Ali Sadikin balapan di fasilitasi di Ancol? Ini baru gubernur keren! Pak Ahok mau niru pak Ali Sadikin gak? hehe.

Fenomena Balap Liar dan Geng Motor di Jakarta

Sebenarnya yang namanya balap liar itu hadir karena gak ada fasilitas aja. Dan itu bener-bener dipahami oleh bang JJ Rizal.

Menurut Om Mimin, masalah geng motor yang belakangan muncul sebenernya beda komunitas dengan para pembalap liar. Kalo yang hobi balap sih sebenernya cuma balapan aja. Gak bikin onar sampe ngerusak toko orang atau ngerampok ato kriminalitas yang lain.

Makanya anak racing punya semboyan sendiri: Gila Balap bukan Kriminal. Kata-kata racing ini jelas banget mendeskripsikan bahwa balap liar dan geng motor BERBEDA! Kalo balap liar yang liar itu balapanya sedangkan geng motor yang liar itu orangnya!

Andai balap liar mendapat fasilitas seperti yang di jelasin bang JJ Rizal, tentu gak bakal lagi jadi balap liar. Tapi tentunya pemerintah harus kasih fasilitas yang memadai. Balapan positif kok. Buktinya di luar negeri Balap bisa jadi industri yang menghasilkan.

sumber : retsaf.com