Jumat, 02 November 2012

650 Warga Cempaka Baru Kehilangan Tempat Tinggal



Kebakaran di kawasan permukiman padat Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat, mengakibatkan 82 rumah hangus terbakar. Tercatat 200 kepala keluarga atau 650 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Banyak yang kehilangan tempat tinggal. Api berhasil di padamkan satu setengah jam setelah kebakaran. Saat ini petugas tengah melakukan proses pendinginan", jelas Kasie Operasi Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Pusat Ahmad Lamping, Kamis (1/11).

Dari data kelurahan dan PMI Jakarta Pusat menerangkan, api yang mengamuk sejak pagi tadi telah menghanguskan 82 rumah warga di RT 01 dan RT 02 di RW 02, serta RT 02 dan RT 03 di RW 01, Cempaka Baru, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kesulitan petugas, tambah Ahmad Lamping, adalah sumber air yang terbatas dan akses jalan yang sempit. Selain itu, banyaknya hidran yang tidak berfungsi lantaran dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

"Hidrannya ada, tapi banyak yang rusak, di copot, ada yang jahil, saat mau digunakan tidak bisa lagi", jelas Ahmad.

Belum di ketahui berapa kerugian yang diakibatkan kebakaran tersebut, tetapi tidak ada korban jiwa. Hanya beberapa korban luka karena berusaha menyelamatkan harta bendanya.

Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah juga mendatangi lokasi kebakaran di Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat. Wali Kota datang bersama Camat Kemayoran Maharyadi, Lurah Cempaka Baru Asep Mulyawan dan Kasudin Damkar Jakarta Pusat, Madanih.

sumber : kompas.com