Jumat, 26 Februari 2016

Seratus CCTV Dipasang di Kawasan Kemayoran





Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat akan dipasangi 100 unit circuit closed television (CCTV) untuk mengantisipasi tindak kriminalitas. Seratus kamera pengintai itu disebar di 34 titik.

Menurut Kapolsek Kemayoran Kompol Setyo Bimo, di kawasan Kemayoran kerap terjadi kriminalitas seperti penjambretan, penganiayaan, pencurian kendaraan bermotor, dan penipuan. Polisi sudah memetakan lokasi-lokasi kejahatan yang perlu dipasang CCTV. Riset yang dilakukan dilihat dari data kejahatan pada 2010 - 2015 di Kemayoran. Rencananya CCTV dibuatkan oleh Pusat Pengelolaan Kawasan Kemayoran (PPKK).

”Nantinya CCTV terkoneksi ke Polsek Kemayoran dan PPKK. Kami harap PPKK bisa memasang CCTV yang bagus,” ucapnya kemarin. Di kawasan Kemayoran memang banyak objek vital, mulai dari Kantor Bea Cukai, Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, apartemen, dan beberapa sekolah internasional.

CCTV juga akan ditempatkan di beberapa wilayah seperti RS Mitra, pintu Jakarta International Expo (JIE). ”Jalanan di Kemayoran ini banyak jalan tembusnya, ke Sunter, Ancol, dan Sawah Besar,” katanya. Dia juga meminta Pemkot Jakarta Pusat melihat fasilitas umum yang harus diperbaiki seperti penambahan lampu jalan maupun perbaikan lainnya.

Jika penerangan maksimal pastinya pelaku kejahatan sedikit berpikir melakukan aksi kejahatan. ”Seperti Jalan Benyamin Sueb, Garuda, Jalan Industri. Masih banyak lokasi yang harus dibenahi Pemkot Jakpus,” ucapnya. Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede mengapresiasi langkah PPKK yang akan memasang CCTV.

Pemkot mendukung langkah tersebut apalagi bisa memonitor wilayah Kemayoran. Mengenai perbaikan fasilitas umum seperti lampu jalan, wali kota akan meminta Kasudin PJU Iswandi untuk terjun ke lapangan. Direktur Pengembangan Kawasan PPKK Cecep Ferdi Firdaus mengatakan, hingga kini masih mematangkan di mana saja lokasi yang akan dipasangi CCTV.

Sejauh ini sudah ada 34 titik, nanti bisa bertambah menjadi 40 titik. Satu titik bisa ditempatkan dua unit atau lebih kamera pengintai. Selain untuk mengantisipasi tindak kejahatan, pemasangan CCTV juga untuk kesiapan pelaksanaan Sea Games 2017. ”Ini langkah kita untuk menciptakan kawasan Kemayoran yang lebih indah,” ujarnya. Dia menargetkan CCTV sudah terpasang pada Mei mendatang.

sumber : koran-sindo.com