Selasa, 23 Februari 2016

Seminar Sejarah Kampung Kemayoran




Dalam rangka melestarikan sejarah dan nilai-nilai seni dan budaya kampung Kemayoran, sekelompok anak muda menggagas sebuah kegiatan seminar dengan tema “Dua Abad Kemayoran” yang di selenggarakan di Gedung Auditorium PPK Kemayoran, Minggu (21/2).

Seminar dihadiri oleh Ridwan Saidi dan JJ. Rizal tokoh Budayawan Betawi,tokoh masyarakat, Anggota DPRD Taufiqurahman, Kapolsek, Lurah dan Camat.

Dari hasil Literatur serta penelitian yang dilakukan oleh Komunitas tersebut, mendapatkan sebuah kesepakatan untuk membuat sebuah momen sejarah sebagai tonggak untuk membangkitkan rasa nasionalisme anak muda Kemayoran yang peduli terhadap sejarah, seni budaya membentuk panitia peringatan dua abad Kampung Kemayoran serta pencanangan 24 Februari sebagai hari jadi Kemayoran.

Kegiatan seminar yang di gagas oleh  anak muda Kemayoran tersebut mendapatkan apresiasi yang baik dari Pemprov DKI Jakarta yang diwakili oleh Sekretaris Kota Jakarta Pusat, Zaenal. Tujuannya untuk menggali sejarah dan kebudayaan Kemayoran serta dinilai penting untuk melengkapi sejarah perjalanan kota Jakarta, Ucap Zaenal.

Di akhir acara, Zaenal berharap tokoh masyarakat, akademisi, sejarahwan dan para ahli untuk menyampaikan fakta-fakta, baik kampung Kemayoran maupun kota Jakarta. Kemudian, hasil pembahasan didokumentasi, untuk dijadikan masukan bagi penggali sejarah Jakarta.

sumber : cakranews.com, setneg-ppkk.co.id