Rabu, 07 Desember 2011

Trotoar Jalan Ditata, Tempat Parkir Hilang


Trotoar jalan yang difungsikan sebagai Tempat Parkir
Pemkot Jakarta Pusat melakukan pena- taan terhadap ruas Jalan HOS Cokro- aminoto, Menteng. Penataan dilakukan dengan cara membangun trotoar disisi kanan kiri ruas jalan tersebut sehingga tidak menyisakan ruangan untuk parkir di pinggir jalan.

“Selama ini yang bikin macet adalah kendaraan yang parkir di pinggir jalan. Masyarakat maunya yang gampang saja,” ujar Wakil Camat Menteng, Bondan Dyah Ekowati, Rabu (7/12).
Padahal di sekitar lokasi tepatnya di sisi kiri Taman Menteng, Pemprov DKI Jakarta sudah membangun gedung parkir empat lantai. Gedung parkir tersebut selama ini kurang berfungsi optimal akibat masih banyaknya masyarakat yang memilih parkir dipinggir jalan.

Karena itu, penataan taman dan trotoar yang berimbas hilangnya ruang parkir di pinggir jalan lanjut Bondan, diharapkan bisa menggiring masyarakat untuk mau memanfaatkan gedung parkir Taman Menteng.

Dengan cara seperti ini maka ruas jalan HOS Cokroaminoto bisa lebih tertata dan tidak lagi menjadi langganan macet. “Jadi ruas jalan yang tersisa benar-benar hanya cukup untuk dua lajur kendaraan,” katanya.

Kemacetan arus kendaraan akibat pembangunan trotoar lanjut Bondan bisa jadi malah berkurang. Karena kendaraan yang melintas tidak lagi terhalang dengan kendaraan yang hendak parkir.

“Kendaraan benar-benar hanya melintas. Mereka yang mau belanja atau ada keperluan di sepanjang ruas jalan tersebut harus cari parkir dibelakang pertokoan,” pungkas Bondan.

Di sepanjang Jalan HOS Cokroaminoto selama ini sebenarnya sudah ada trotoar. Namun sudah beberapa tahun ini hilang akibat ambles. Karena itu, Sudin Pertamanan Jakpus melakukan penataan ulang terutama terhadap keberadaan trotoar.

www.poskota.co.id