Jumat, 26 September 2014

Warga Kelurahan Cempaka Baru Dapat Sosialisasi 3 R


Sebanyak 75 orang terdiri dari RW, regu kebersihan swadaya masyarakat (RKSM), dan Ibu-ibu PKK Kelurahan Cempaka Baru, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat mengikuti sosialisasi dan penyuluhan kebersihan lingkungan serta pengelolaan sampah melalui program 3 R (reduce, reuse, recycle) di aula kantor setempat, Kamis (25/9).

Nampak hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Kemayoran, Rina Yulia Farawati, sebagai nara sumber didampingi Wakil Lurah Cempaka Baru, Yuliastini, dan Kepala Seksi Kebersihan dan Lingkungan Hidup, H. Aspas.

"Kebersihan itu sebenarnya bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI saja, khususnya Kebersihan, tetapi masyarakat juga harus bertanggung jawab menjaga kebersihannya" kata Kepala Seksi Kebersihan Kecamatan Kemayoran, Rina Yulia Farawati.

Dikatakan Rina, untuk mengurangi tumpukan sampah, dipagi hari, pihaknya telah melaksanakan pengangkutan sampah pada malam hari seperti di Jalan Letjend Suprapto yang terbagi tiga Kelurahan yakni Sumur Batu, Cempaka Baru dan Harapan Mulia.

"Setiap malam dimulai jam 19.00 WIB hingga jam 23.30WIB, petugas kebersihan Kecamatan Kemayoran menggunakan kendaraan pengangkutan sampah kendaraan kecil seperti, Amrol  di sepanjang Jalan Letjend Suprapto" ungkap Rina.

Untuk menghindari kesan kumuh dengan banyaknya gerobak sampah, kata Rina, petugas RKSM diharapkan dapat membawa gerobaknya ke tempat semula. "Saya berharap petugas RKSM dapat membawa kembali gorobaknya ke tempat semula" harapnya.

Diakui Rina, volume sampah perhari yang tersebar di wilayah Kecamatan Kemayoran mencapai 160,06 m2 dapat diatasi pengangkutan sampahnya.

Ditempat terpisah Lurah Cempaka Baru, Asep Mulyaman mengatakan, karena wilayah Kelurahan Cempaka Baru tidak memiliki LPS permanen, dihimbau agar warga masyarakat dapat membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh petugas gerobak RW dan jadwal truk kebersihan. "Intinya supaya sampah tidak berantakan di lokasi LPS dan dibahu jalan" ujarnya.

sumber : megapolitan.harianterbit.com