Sabtu, 21 Desember 2013

Mobil-mobil Dinas Bung Karno 'Reunian' di Kemayoran


Sebagai Proklamator dan Presiden Pertama RI, nama Soekarno sangat di cintai. Nah.. bagi para penggemar Bung Karno, inilah momen saat mobil dinas Soekarno berkumpul bersama.

13 belas mobil dinas Bung Karno ini hadir di pameran mobil klasik terbesar di Asia Tenggara, 'The 7th Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICC- Show) 2013' di JI-EXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Belum ada sebuah pameran yang mampu mengumpulkan begitu banyak mobil presiden. Saya kira, ini baru pertama kali dan satu-satunya di dunia. Amazing!" kata konseptor pameran, Azman Ozman.

Indonesia menurutnya memang beruntung karena memiliki Soekarno yang di era kepemimpinannya dapat menikmati beragam mobil kenegaraan berkualitas tinggi. Dan, sejauh ini, tak ada data pasti berapa banyak mobil kenegaraan yang pernah di miliki atau pernah menjadi tunggangan Presiden Soekarno.

Namun, melalui pelacakan yang panjang dan lobby-lobby marathon ke beberapa classic enthusiast yang masih menyimpan dan merawat mobil-mobil tersebut, Azman Osman, selaku Konseptor OICC-Show, akhirnya berhasil mengumpulkan 13 Mobil Kenegaraan Soekarno RI-1 Presidential Limo, dan menghadirkannya dalam OICC-Show 2013.

"Setelah enam tahun berturut-turut menebarkan virus dan demam mobil klasik ke seluruh masyarakat, serta mengungkap keberadaan mobil-mobil klasik collector items yang menjadi kekayaan bangsa Indonesia, maka sekaranglah saatnya masyarakat melihat langsung kedigdayaan mobil-mobil kenegaraan yang pernah di pakai presiden pertama kita, Soekarno," tambahnya.

Kendaraan-kendaraan limousine yang di pastikan pernah di pakai Bung Karno dan paling di segani di masanya itu, tampil berdampingan dengan mobil-mobil dan sepeda motor Classic, Youngtimer, Retro, Modern Classic, Classic Sports Car, hingga Future Classic milik para kolektor Indonesia serta mancanegara.

Kehadiran 13 Presidential Limo tersebut memang pas betul dengan tema pameran yang hendak diangkat: Save Our Classic Heritage. "Mobil-mobil klasik yang ada di Indonesia merupakan kekayaan bangsa yang tak ternilai. Dan, kami sejak awal terpanggil untuk menjaga warisan tersebut, untuk kemudian bisa di lestarikan dan di wariskan kepada generasi mendatang," tambah Azman Osman.

Di gagas oleh Otoblitz Media Synergy, bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga, PPMKI (Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia), IMI (Ikatan Motor Indonesia), pabrikan (APM) otomotif dunia yang berada di tanah air - event akbar ini di gelar sejak 20 s/d 22 Desember 2013, di Hall B1-B2-C1-C2 Jakarta International Expo (JI-EXPO) Kemayoran.

Momentum penghujung tahun, ketika masyarakat memasuki 'holiday season', kembali di jadikan saat paling tepat untuk menawarkan atraksi OICC-Show 2013 sebagai kegiatan mendukung program Visit Indonesia Year dan Enjoy Jakarta; di mana event ini selalu menjadi kunjungan rutin classic enthusiast dari mancanegara setiap akhir tahun.

kompas.web.id