Rabu, 28 September 2011

Cegah Banjir Kemayoran, Saluran Air Dinormalisasikan


Mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan di pemukiman warga saat musim hujan, tujuh titik saluran air yang ada di wilayah Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat di normalisasi.

Proyek-proyek perbaikan drainase tersebut merupakan program Sudin PU Tata Air yang bekerjasama dengan pihak Kecamatan Kemayoran.

Ke tujuh proyek tersebut, yakni normalisasi saluran di Jl Kepu Barat sisi Timur dan Barat di Kelurahan Kemayoran sepanjang 700 meter dan di Jl Bungur Raya sisi Barat di Kelurahan Gunung Sahari Selatan sepanjang 200 meter.

"Saat ini tengah dalam pengerjaan, nantinya akan saluran akan di lebarkan jadi satu meter dari sebelumnya sekitar 80 Cm," ungkap Kepala Sudin PU Tata Air Jakpus, Agus Priyono di dampingi Kasi Perencanaan dan Pelayanan Masyarakat, Siska Hermawati, Selasa (27/09/11).

Proyek tersebut masuk dalam anggaran tahun 2011 yang di ajukan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) mulai dari Kelurahan, Kecamatan dan Kota.

Lurah Kemayoran, Sardjono mengatakan bahwa warganya menyambut gembira adanya normalisasi saluran tersebut. Apalagi, sudah berkali-kali diajukan lewat MUSRENBANG, namun baru tahun ini di realisasikan pengerjaannnya.

"Normalisasi saluran tersebut murni dari aspirasi warga melalui MUSRENBANG yang di hadiri para tokoh masyarakat, Dewan Kelurahan, dan lain-lain," ujar Sarjono. "Warga bersama dengan anggota LMK akan mengawasi proyek tersebut agar sesuai dengan yang direncanakan," lanjutnya.

Sedangkan lima proyek perbaikan saluran di lakukan oleh pihak Kecamatan melalui Dana Penguatan. Camat Kemayoran, Marhayadi mengatakan saluran kecil yang akan di perbaiki meliputi Jl Nilam I, IV, V dan VI, Jl Intan IV, V dan VI, Jl BB, Jl Jiung Raya dan Jl Kodam.

"Ini semua hasil MUSRENBANG tahun 2010 dan sesuai keinginan warga. Perbaikannya dengan dana penguatan kecamatan," ujarnya.

Kasie Perencanaan dan Pelayanan Masyarakat Jakpus, Siska Hermawati menambahkan bahwa dalam mengantisipasi banjir, Sudin PU Tata Air akan menormalisasi 14 titik saluran air di empat kecamatan di Jakpus. Meliputi Kecamatan Tanah Abang, Sawah Besar, Kemayoran dan Menteng.

"Selain itu, juga ada pengerukan saluran di berbagai lokasi yang merupakan program pemeliharaan," pungkasnya.

sumber : poskota.co.id