Kamis, 01 Oktober 2015

Kabel Lift Apartemen Putus, 9 Orang Terluka




Sembilan orang jadi korban akibat lift jatuh di Apartemen Taman Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015). Kejadian itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Mereka ialah Binu, Jagandhis, Mahesh, Nimirta, Sajan, Sony, Suresh, Ramesh, dan Vashdel. Mereka menderita luka-luka di kaki dan tangan dan telah dibawa ke Rumah Sakit Mitra Kemayoran untuk mendapatkan perawatan.

"Korban dilarikan ke rumah sakit. Mereka sudah ditangani," tutur Perwira Unit Reserse Kriminal Polsek Kemayoran Inspektur Dua Harry kepada wartawan, Rabu.

Dia menjelaskan, sembilan orang korban naik lift dari lantai 8 apartemen itu. Semula, mereka tidak merasa akan terjadi apa-apa karena tidak ada peringatan berupa alarm atau tanda lainnya yang memberi tahu kelebihan beban lift.

Dia memperkirakan, kabel lift sudah putus sejak berada di lantai 6 sehingga saat pengguna memencet tombol turun ke lantai 1, secara tiba-tiba, lift berjalan cepat sehingga mereka yang di dalam berteriak meminta tolong. Lift jatuh berbenturan ke dasar gedung apartemen.

Aparat kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa saksi. Diketahui, kabel yang mengangkat lift itu sudah "tua" sehingga diduga penyebab jatuhnya lift adalah karena usia kabel yang sudah tak layak pakai.

"Usia kabel diduga penyebab jatuhnya lift itu. Lihat kondisi kabel, ternyata kabel penyangga sudah tua hingga tiba-tiba putus saat lift dari lantai 8 mau turun ke lantai 1. Bagaimana jika lift mau naik, bisa lebih parah lagi," ujar dia.

sumber : megapolitan.kompas.com