Jumat, 28 November 2014

Kerennya Museum Art Mon Decor Kemayoran



Banyak orang mungkin yang belum tahu tentang Museum Art Mon Decor , tempat ini merupakan alternatif tempat wisata seni yang terekomendasi untuk di kunjungi.

Di dalam ruang pameran seni dengan desain bangunan modern berbentuk persegi berlantai tiga ini, terdapat berbagai macam koleksi karya lukisan dan seni rupa hasil karya seniman asli Indonesia.

Museum ini berlokasi di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat dan baru di resmikan pada 2011 oleh Fauzi Bowo yang saat itu menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Untuk berkunjung ke museum ini, sama sekali tidak dikenai biaya. Kesan bangunan yang modern kental sekali terasa saat memasuki museum dimana terdapat fasilitas lift yang menghubungkan lantai per lantai dari museum.

Suasana temaram khas museum dan udara yang sejuk dari pendingin udara memberikan kenyamanan sendiri pada setiap pengunjung yang datang. Dengan dominan cat berwarna putih dan lantai semen yang didesain retak-retak, museum yang di desain oleh Martha Gunawan ini, terlihat simpel namun tetap artistik.

Awalnya Mon Decor merupakan sebuah galeri seni yang berada di kawasan Gunung Sahari. Tetapi, setelah relokasi ke kawasan Kemayoran, Mon Decor menambahkan museum seni dalam bangunannya.

"Tujuannya museum diadakan untuk memamerkan koleksi Mon Decor dan memenuhi permintaan seniman yang lukisannya mau diabadikan", tutur Yohanes, pemandu museum Mon Decor.

Walau begitu kerennya tempat ini, belum banyak masyarakat Jakarta yang tahu tentang keberadaan museum ini. Pengunjungnya saja masih tergolong sepi. Namun menurut Yohanes, untuk akhir pekan museum ini cukup ramai. "Kebanyakan yang datang pelajar dan mahasiswa", tandasnya.

Selain museum, Mon Decor juga mempunyai galeri seni. Galeri Mon Decor memuat hasil karya seniman-seniman muda. Selain seni lukis, ada pula seni rupa, mural, dan juga video yang dipamerkan. Berbeda dengan museum, karya seni di galeri ini diganti setiap tiga bulan sekali dan di perjual-belikan.

Untuk pengunjung yang lelah setelah berkeliling atau ingin mengobrol dan lebih menikmati suasananya Mon Decor, ada juga kafe yang disediakan di lantai satu. Museum yang telah menyabet penghargaan sebagai museum dengan sarana dan fasilitas pengunjung terbaik ini, juga membuka kelas melukis untuk umum bagi pengunjung yang berminat.

sumber : forum.idws.id