Selasa, 05 Agustus 2014

350 Perusahaan Ikuti China Sourcing Fair di Kemayoran



Tidak kurang 350 perusahaan asal Tiongkok akan mengikuti pameran China Sourcing Fair yang akan berlangsung di JI Expo Kemayoran Jakarta Pusat mulai 7 hingga 9 Agustus 2014 yang akan datang.

Jakarta dipilih karena merupaka kota pusat pengadaan ASEAN atau ASEAN’s sourcing hub. Sebelumnya acara telah dilaksanakan di kota besar dunia seperti Hong Kong, Miami, dan setelah Jakarta adalah Sao Paulo lalu Johanessburg.

Camellia So, Vice President, Corporate Affairs Global Source selaku penyelenggara pameran melihat bahwa hubungan perdagangan antara Tiongkok-Indonesia yang semakin erat dan semakin meningkat perlu didukung dengan memperkenalkan produsen-produsen Tiongkok yang berkualitas kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia.

"Ini yang menjadi alasan kami memilih Jakarta sebagai salah satu kota bagi penyelenggaraan kegiatan pertemuan antara produsen Tiongkok dan pembeli Indonesia,' katanya.

Global Source adalah perusahaan besar media B to B dengan bisnis inti sebagai fasilitator perdagangan perusahaan-perusahaan Asia dan perusahaan di belahan benua lainnya.

Tiongkok saat ini merupakan Negara terbesar didalam perdagangan dunia. Data resmi pemerintah Tiongkok mencatat bahwa tahun 2013 Tiongkok mencatat nilai perdagangan sebesar 4,1 triliun USD melebihi nilai volume perdagangan Amerika yang selama ini memegang dominasi perdagangan dunia.

Tiongkok juga menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi Indonesia dengan nilai volume perdagangan mencapai 68,35 miliar dolar AS pada tahun 2013, angka ini ditargetkan akan terus meningkat hingga 80 miliar dolar AS pada tahun 2015.

Tiongkok menjadi daerah tujuan ekspor terbesar dari Indonesia setelah Jepang, sementara impor Indonesia terbesar adalah dari Tiongkok.

tribunnews.com