Jumat, 17 Februari 2012

Soto Medan 'Pak Syamsuddin'


Soto dari Medan..? agak asing kedengarannya mengingat sebagian orang beranggapan, jenis kuliner ini mayoritasnya adalah berasal dari Tanah Jawa dengan citarasa yang cukup berbeda pula antara satu dengan lainnya. Adapun Soto Medan adalah jenis berkuah kuning pekat yang berasal dari santan sedikit kental dan memiliki rasa yang gurih namun tidak membuat lidah menjadi 'tebal'.

Oh ya.. Rumah Makan yang berlokasi 'tusuk sate' pada pertigaan Jalan Angkasa, Kemayoran serta tidak jauh dari Kantor PT PELNI tersebut bertajuk pula 'Asli Soto Medan Sejak 1930'.. maksudnya, konon Soto ini merupakan cabang dari induknya di Jalan Irian, Medan, Sumut yang telah eksis sejak jaman Kolonial Belanda.

Keistimewaan Soto Medan antara lain terletak pada komposisi  bumbu yang sepertinya berbeda dengan Soto pada umumnya. Hal demikian mudah terdeteksi jika dicium aromanya yang mirip dengan Kuah Kari dan penggunaan Jahe yang menghangatkan perut dan tenggorokan.

Selain Soto Daging, tersedia pula Soto Ayam yang porsinya pas untuk satu orang dengan irisan daging yang tidak terlampau tebal dan empuk. Disajikan bersama Jeruk Nipis, Perkedel serta Gerusan Sambal Rawit Hijau yang diberi Kecap Asin plus Bawang Goreng.

Ada lagi perbedaan Soto Medan 'Pak Syamsuddin' dengan kuliner Soto lainnya.. biasanya Sambal yang tersedia adalah Sambal Merah dari Cabe. Nah.. ditempat ini yang kita temukan adalah Sambal Hijau dari Cabe Rawit dengan tambahan Tomat.

Ternyata masih ada pula keunikan dari tempat ini.. yakni terletak pada minumannya. Menyantap Soto Medan terasa lebih sensasional dengan ditemani Minuman Ringan Botol dengan merek Badak yang konon langsung didatangkan dari Medan, Sumatera Utara.

Minuman sejenis Liang Teh tersebut memang paling banyak dicari pengunjung mengingat rasanya yang lain daripada yang lain. Yang pasti.. Soto Medan ini banyak penggemarnya untuk dijadikan menu makan siang ataupun bersantap malam.

gedoor.com, ayojajan.com, id.openrice.com